Galian C Yang Tak Berizin Ditutup Penambangannya

Sumedang, HDJ
Berdasarkan laporan masyarakat khusus nya di sekitar wilayah tambang bahwa masih ada nya didapati para Pengusaha tambangan yang tidak atau belum mempunyai izin penambangan.

Dengan ada nya laporan tersebut Kepala Bidang Penegak kan Perundang-

Undangan ( PPUD ) Satpol PP kabupaten Sumedang Yan Mahal Rizzal langsung melaksanakan SIDAK ke lokasi tambang di kaki gunung Tampomas Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang yang melibat beberapa instansi yang terkait yaitu Dinas Energi Sumber daya Manusia ( SDM ) dari Provinsi Jawa Barat serta Polres Sumedang melalui Kanit TIPITER.

Dan alhasil nya menurut Yan Mahal Rizzal ketika ditemui RN dilokasi pertambangan, menjelaskan bahwa pihak nya telah menutup 8 aktivitas galian C yang terletak dilokasi.

Dalam SIDAK ini juga lanjut Yan, pihak nya turut memeriksa para pengusaha tambang terkait perizinan nya baik itu yang sedang beraktivitas maupun yang tidak beraktivitas yang ada di kawasan tambang, ternyata dari hasil pemeriksaan ada beberapa pengusaha tambang yang belum melengkapi perizinan nya bahkan tdk mempunyai izin sama sekali yang lazim kita sebut penambang liar

Dengan ada nya temuan tersebut dengan ini pihak nya tidak segan segan melakukan penindakan secara tegas dan bila dianggap perlu kami akan laporkan ke pihak Polres Sumedang untuk ditindak lanjuti serta diproses sesuai dengan mekanisme hukum, ucap Yan.

Bagi pengusaha tambang yang memiliki izin resmi kami juga menghimbau kepada para pengusaha tambang agar bersedia untuk mengikuti acara acara kegiatan pembinaan dan pengarahan agar bisa menjadi contoh bagi pengusaha tambang lain nya dan pengarahan ini kami akan lakukan secara rutin dan bergantian.

Kami juga meminta bagi pengusaha lain nya yang tidak memiliki per izinan agar segera melakukan pengurusan secara resmi agar kedepan nya para pengusaha aman dan lancar.

Apa yang kami lakukan ini bagian dari efek pembelajaran bagi para pengusaha tambang yang mencoba meraup keuntungan dengan menghalalkan segala cara maka apa pun itu dan siapa pun di belakang pengusaha kami tidak takut dan tetap melakukan penindak kan secara tegas sebab ini sudah jelas merugikan masyarakat sekitar lokasi maupun untuk PAD kabupaten Sumedang.ucap Yan

Menanggapi hal tersebut Irwansyah Putra selaku Ketua DPRD kabupaten Sumedang sangat mengapresiasi ketegasan ketegasan yang dilakukan Satpol PP ” Saya berharap kata Irwansyah agar Pemda Sumedang juga harus lebih pro aktif terhadap masyarakat sekitar nya sebab lokasi tersebut juga bagian aset dari penunjang peningkatan PAD Kabupaten Sumedang. (Anthonny Simbolon SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *