Sukseskan Pengamanan Pilkada Tahun 2020, Polres Siak Gelar Simulasi Sispamkota.

Riau, HarianDjakarta.com
SIAK, HARIANDJAKARTA.COM
Mengantisipasi gangguan kamtibmas pada proses Pilkada yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, Polres Siak Polda Riau, gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Kegiatan dilaksanakan dilapangan sepak bola Kampung Dayun Kecamatan Dayun, Sabtu (28/11/2020).

Dalam simulasi Sispamkota Ops Mantap Praja Lancang Kuning 2020, Polres Siak lakukan skenario pengamanan seolah-olah terjadi rusuh massa pada saat pemilihan kepala daerah.

Disimulasikan, ada salah satu kelompok pendukung pasangan calon yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara dan melakukan unjuk rasa ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) Siak.

Kemudian, pihak pengamanan dari Polres Siak pun melakukan tugasnya, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. 

Mulai dari menurunkan negosiator, berlanjut menurunkan personil Pengendalian Massa (Dalmas) yang melibatkan seluruh personil Polres Siak dari setiap Satuan. 

Hingga diturunkan mobil water cannon dan pasukan bermotor untuk mengurai massa anarkis.

Simulasi Sispamkota Ops Mantap Praja Lancang Kuning 2020, turut disaksikan undangan dari Forkopimda Kabupaten Siak, Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu serta masyarakat sekitar. 

Dalam arahannya, Kapolres Siak AKBP Doddy F. Sanjaya, SH, SIK, MH, mengatakan kegiatan Simulasi merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan Polres Siak dalam melaksanakan pengamanan Pilkada 2020.

“Kita melaksanakan simulasi untuk mempersiapkan diri dalam pengamanan setiap tahapan dan rangkaian proses pemilihan kepala daerah. Mulai dari tahapan pemungutan suara hingga pelantikan dan sumpah jabatan”, ungkap Kapolres.

Tambah AKBP Doddy, pengamanan Pilkada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena selain menjaga keamanan situasi kondusif, Polri juga dituntut untuk memastikan tidak terjadinya penyebaran Covid-19 karena masih dalam situasi pandemi.

“Saya berharap seluruh personil benar-benar siap dalam melakukan pengamanan. Mulai dari pencoblosan, sampai pada pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, harus benar-benar memastikan semuanya terhindar dari penyebaran Covid-19. Dua hal ini yang harus benar-benar jadi pedoman”, tegas Kapolres.

Diakhir arahannya, Kapolres Siak menyampaikan, agar seluruh personil melaksanakan simulasi dengan serius dan sungguh sungguh.


“Kemampuan dalam pengendalian massa merupakan kemampuan yang perlu latihan secara berkelanjutan dalam rangka menguji kesiapsiagaan personil. Untuk itu, lakukan simulasi dengan serius dan sungguh-sungguh, seolah-olah ini benar-benar terjadi, agar tahapan demi tahapan pengamanan dapat berjalan sesuai rencana dan hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan”, tutup AKBP Doddy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *