Suku yaben nerigo memberikan dukungan Melalui Ritual Adat pancang kayu

Sorong Selatan, HDJ.
Kunjungan pasangan calon Bupati dari Independen kabupaten sorong selatan ke wilayah imekko. Tepatnya di daerah kampung yahadian distrik kais di sambut meriah oleh simpatisannya di jemput dengan menggunakan panggung perahu yang di hias ibarat penjemputan raja.

Yang di kawal oleh puluhan loangboud yang mengiringi kedatangan pasangan calon independen ke kampung yahadian.setibanya di kampung yahadian di sambut dengan pengalungan kain rumput serta pemasangan mahkota sebagai suatu tanda kehormatan.

Penyambutan pasangan ini di iringi dengan tarian yembo yembo dan tifa gong untuk di arak menuju posko induk kampung yahadian ,sekaligus melantik dan meresmikan posko induk.

Dari beberapa kegiatan yang berjalan ada satu acara ritual yang sangat unit menjadi satu pegangan untuk pasangan ini dan para simpatisannya yang berada di kampung yahadian.”pemancangan kayu Adat” yang di lakukan oleh para tokoh adat ,tokoh masyarakat,tokoh perempuan ,tokoh pemuda,serta tokoh agama .

Ritual ini bertujuan untuk mendukung sepenuhnya kepada pasangan independen Bapak Yance Salambauw SH,MH dan dr.Felix Duwit MSC,MPH,Sp.PD .untuk menjadi Bupati kedepan .

Setelah di temui kepala suku yaben Nerigo Oleh Radar Metro Sorong selatan papua barat.

Bapak Regoy” beliau menyampaikan bahwa pemancangan kayu adat ini adalah untuk” menang” atas dukungan suku yaben nerigo kepada pasangan independen.karna di lihat dari sisi keluarga pasangan ini juga bukan orang lain melainkan masih ada jalur sisih keluarga ,setelah di pancang di tinggalkan sampai pasangan ini berhasil suku yaben nerigo akan mengundang kembali.namun dalam aturan yang di sampaikan kepala suku yaben nerigo ini,bahwa bentuk dukungan itu berdasarkan berapa kali pancang artinya di tanam ke tanah lalu di angkat kembali lalu di pancang ,apabila 3 kali berarti 3 periode untuk dukung masyarakat yahadian kepada pasangan independen.

Di tanyakan hubungan keluarga dengan pasangan independen ini kepada kepala suku yaben nerigo beliau mengatakan “suku yaben berasal dari kampung yahadian yang terdiri 7 marga tuturnya”

Marga Ginuni, Regoy,yaben,hahar,bito hahar,rumakoi regoy terbagi dua regoy dahar dan regoy kaygur. Penyampaian kepala suku ini menyampaikan bahwa yang di lakukan a cara ritual adat seperti ini hanya suku yaben nerigo atau satu keturun atau satu darah dan satu sejarah yang bias kami berikan acara dukungan ritual adat seperti ini.dalam jalur keluarga pasangan ini ini masih asatu keluarga yaben dan satu sejarah, maka kami memberikan Dukungan pancang kayu Adat kepada pasangan Independen.

Iwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *