Jelajah Sejarah sukabumi Situ Cibitung

Sukabumi Harian Djakarta.com-mencari Jejak-jejak titik posisi Pembangkit listrik yang pada masanya pernah menjadi suply power untuk memenuhi kebutuhan operasional Rubber & Thee Pabriek,penerangan Gedung Administrateur & kabelbaan/lori kereta gantung sukamaju Onderneming-Cibadak-Sukabumi.

Pada awalnya Team agak kesulitan menemukan pss yang dituju dikarenakan hari sudah mulai sore & mulai turun hujan,ditambah sudah habis tidak tersisanya bangunan fisik yang dicari,hampir 95% raib atau hancur.

Alhamdulilah akhirnya Team JSS bertemu dngan seorang sumber yang memang turun temurun inf dan ini dibangun pd tahun 1914 (lebih tua dari pembangunan PLTA UBRUG) dan hancur sekitar tahun 1957 era nasioanalisasi aset-aset kolonia Hindia Belanda.

Adapun sumber air Dam ini berasal dari pintu Air di daerah Jambatan dua yang mengalir irigasi sepanjang kurang lebih 6 km,yang kemudian ditampung di dalam kolam tando seluas 3000 meter2,dengan kedalaman 6-9 meter, yang belakangan hari lebih dikenal masyarakat dengan nama SITU CIBITUNG ini,dari tampungan kolam tando inilah air dipungsikan sebagai energi penggerak Generator Turbine Onderneming Sukamaju Pabrik.

(Fey Bmp News Nkri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *