Ini Kata Kadisdikbud Tentang Renopasi Enam SD Di Kabupaten Melawi

Hariandjakarta.com Melawi-Kalbar.
Nangapinoh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Melawi menyampaikan Sejak tahun 2019 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan tugas tambahan untuk melakukan rehabilitasi dan renovasi sekolah, madrasah, perguruan tinggi, pasar dan membangun sarana prasarana olahraga. Tercatat rehabilitasi sekolah yang telah ditangani hingga September 2020 mencapai 2.247 Sekolah dan 334 Madrasah yang sebanyak 780 unit sekolah (SD, SMP dan SMU) dan 192 unit madrasah (Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah) dilaksanakan TA 2020 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, rehabilitasi fasilitas pendidikan merupakan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan dan rehabilitasi 10.453 sekolah, 1000 madrasah, dan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) 41 PTN serta KDP 8 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia. Rehabilitasi sekolah dan madrasah bertujuan untuk mendukung fokus Pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

Pekerjaan rehabilitasi sekolah dan madrasah dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Prasarana Strategis, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR dengan mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pada tahun 2020, anggaran rekonstruksi sarana pendidikan, pasar dan sarana olahraga di Kementerian PUPR sebesar Rp. 4,38 triliun, dimana sebesar Rp. 1,35 triliun digunakan untuk rehabilitasi sekolah dan Rp. 339 miliar untuk madrasah dikutip dari situs resmi PU.net.

Kabupaten Melawi juga kebagian 6 sekolah dasar yang mendapatkan program rehablitasi dan renovasi sarana prasarana gedung sekolah ke enam SD tersebut adalah;

  1. SDN 06 Nanga Sasak
  2. SDN 01 Nanga Sokan
  3. SDN 02 Menukung
  4. SDN 06 Emang Bemban
  5. SDN 16 Labai Mekar
  6. SDN 03 Nanga Pinoh
    SDN 03 Nanga Pinoh.

Ke enam SD tersebut di kerjakan oleh
PT. KREASINDO PUTRA BANGSA
PT. CENDIKIA PRIMA CIPTA INDONESIA dengan nilai kontrak Rp. 15.743.650.000 menggunakan sumber dana APBN TA 2020 – 2021.

Kita bersyukur Kabupaten melawi mendapatkan perhatian dari pusat, untuk itu mari kita samasama mendukung program tersebut, seperti yang dilakukan oleh warga masyarakat Desa Sidomulyo rela memindahkan jalan gang demi untuk pembangun/ renovasi sekolah, ini patut ditiru oleh kita semua.

Kiranya dengan lebih baik/ bagus lengkap gedung sekolah tersebut dapat menambah motivasi guru dalam bertugas dan akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan anak anak kita ke depan ucap Joko. (Sofyan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *