Blusukan ke Kolong Tol di Pluit, Risma Janjikan Sekolah dan Beasiswa untuk Anak-anak

HarianDjakarta : Jakarta

Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan sambutan dalam acara serah terima jabatan Menteri Sosial di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Tri Rismaharini resmi diangkat Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos).

Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan ke kawasan kumuh yakni kolong Tol Gedong Panjang, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (30/12/2020). Dalam blusukannya, Risma menjanjikan sekolah dan beasiswa untuk anak-anak di kawasan tersebut. Risma ingin anak-anak yang tinggal di lingkungan itu tetap dapat mengenyam pendidikan layak demi masa depan mereka.

“Nanti ibu carikan sekolah, nanti ibu carikan beasiswa, ya? Wis, iso pasti kok, ya? Nanti kalau sudah itu buktikan pada dunia,” kata Risma melalui tayangan video Kompas TV, Kamis (31/12/2020). Risma juga mengajak warga penghuni kolong tol untuk lebih berdaya dengan menerima dukungan dan program pendampingan dari Kementerian Sosial. Ia tak mempersoalkan jika kaum laki-laki di wilayah tersebut mencari nafkah dengan menjadi pemulung.

Namun, Risma berjanji untuk memberdayakan para ibu melalui usaha mikro. Dengan demikian, penghasilan keluarga dapat bertambah dan ekonomi warga menjadi lebih baik. “Ibunya nanti kita ajari cari uang. Di belakang itu ada lele, nanti bisa saya ajari gimana buat pecel lele, atau buat yang lain, nanti kita bisa jual,” ujarnya.

Risma pun berencana untuk memindahkan warga yang tinggal di kawasan kumuh ini ke tempat hunian baru yang lebih layak. Dalam kesempatan yang sama, Risma mengarahkan anggota Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) setempat untuk membuat tempat pelatihan pemberdayaan bagi para gelandangan dan pengemis yang berada di kawasan tersebut. Tempat pelatihan tersebut dibuat agar warga kolong tol dapat berinovasi dan lebih maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *