Risma Ingin Giatkan Kolam Lele Untuk Warga di Balai-Balai Kemensos

HarianDjakarta : Bekasi

Wali Kota Surabaya dua periode Tri Rismaharini secara resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo menggantikan Juliari P Batubara sebagai Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, ia bakal menyiapkan beragam fasilitas yang dapat dimanfaatkan warga di balai-balai di bawah Kementerian Sosial, salah satunya fasilitas bagi warga menanam tanaman hidroponik. “Saat ini kami menyiapkan tanaman hidroponik dan beberapa jenis pangan atau kebutuhan pokok seperti porang yang saat ini sangat laku,” kata Risma dalam webinar “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” yang digelar Kaukus Perempuan Parlemen, Senin (4/1/2021).

Sementara itu, dia mengatakan, saat ini Kemensos memiliki kolam lele dan ternak ayam petelur di sejumlah balai. Risma ingin kegiatan itu dimasifkan. Baca juga: Mensos Risma: Kami Larang Bantuan Tunai Dipakai Beli Rokok dan Miras Harapannya, warga di balai dapat memproduksi pangan secara mandiri atau setidaknya bisa mengurangi pengeluaran mereka. “Meskipun mungkin belum sepenuhnya total mandiri, tapi seperti kami punya kolam lele atau ayam petelur yang sedang kita coba giatkan di balai-balai, sehingga mampu meningkatkan agar mengurangi pengeluaran dan meningkatkan pendapatan,” ujar dia.

Sejak menjabat sebagai Menteri Sosial pada akhir Desember 2020, Risma sudah beberapa kali berbicara soal program pemberdayaan untuk masyarakat. Baca juga: Sepekan Risma Blusukan, Janji untuk Pemulung dan Kolong Jembatan Diperindah Saat menemui warga penghuni kolong tol Gedong Panjang, Pluit, Jakarta Utara, Rabu (30/12/2020) misalnya, ia menawarkan warga untuk memulai usaha mikro warung pecel lele.

Saat itu, dia mengatakan, mereka dapat mengelola warung pecel lele dengan memanfaatkan lele yang diternak dan dikelola Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) Pangudi Luhur, Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *